Cara Pilih Petai

Cara Pilih Petai

Petai memang bau, tapi banyak digemari. Cara pengolahannya bermacam-macam. Bisa direbus atau dibakar untuk dijadikan lalapan. Atau dijadikan pelengkap sambal goreng ati. Untuk memilih petai yang baik, ada triknya, lho. Begini:
  1. Pilih kulit buah yang berwarna hijau dan terlihat segar. Lihatlah apakah petai memiliki mata menonjol dan tidak ada lubang. Bila ya, pilihlah. Kalo berlubang, jangan diebli. Lubang biasanya menunjukan ada ulat di dalamnya.
  2. Jika papan petai terlihat menghitam, itu berarti kulitnya telah mengering. Sebaiknya tidak dipilih. Kalau terpaksa, pastikan matanya menonjol  dan tidak ada lubang. Biasanya petai yang mengering terlihat keriput.  Sebelum diolah, rendam dulu di dalam air hangat.
  3. Bila petai yang dibeli bersisa dan akan diolah lagi di lain waktu, jangan simapan di udara terbuka karena akan cepat kering. Kalau mau awet, kupas dulu petai sampai bersih, lalu dalam keadaan kering masukan ke dalam wadah tertutup, kemudian simpan di dalam kulkas.
  4. Petai yang disimpan berulat, sementara kalau mau dibuang sayang? Tenang, masih bisa disiasati. Sebelum dipakai, pastikan semua kotoran yang ada di petai sudah dibuang. Lalu cucilah sampai bersih. Cara lainnya: belah dua petai, lalu rendam di air hangat sebentar. Setelah itu cuci sambil digosok-gosok. Kotoran yang menempel akan lepas dan petai siap diolah.

0 comments:

Post a Comment