Tips Hemat Listrik Kulkas

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik. Salah satunya dengan merawat dan menggunakan kulkas dengan benar.


  1. Ketika liburan ke luar kota, matikan kulkas. Keluarkan makanan yang menimbulkan bau. Lebih baik berikan ke tetangga atau orang lain yang membutuhkan.
  2. Jangan lupa bersihkan kulkas sebelum ditinggalkan dalam waktu lama. Saat dibersihkan suhu kulkas harus dalam posisi nol.
  3. Saat dibersihkan perhatikan juga bagian condensor (bagian yang terletak di belakan kulkas). Jangan sampai condensor penuh debu atau kotoran karena akan menghambat kinerja mesin.
  4. Sesuaikan suhukulkas dengan kebutuhan. Perlu diketahui, makin kecil suhu yang dipasang, makin besar energi listrik yang diperlukan.
  5. Perhatikan kapasitas kulkas. Jika muatannya terlalu banyak, kulkas harus 'bekerja' lebih keras dalam mendinginkan dan untuk itu energi yang dibutuhkan juga lebih besar.
  6. Hindari membuka kulkas sering-sering atau terlalu lama. Jika dilakukan suhu di luar kulkas akan masuk ke dalam kulkas. Kulkas harus mengeluarkan energi lebih besar untuk mengembalikan suhu semula.
  7. Jauhkan kulkas dari sumber panas, seperti kompor atau sinar matahari langsung (lewat jendela).


sumber:sekar61/11

0 comments:

Post a Comment