Mengatasi Susah Tidur


Tidur nyenyak merupakan dambaan setiap orang, namun tidur nyenyak bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Ada beberapa faktor penyebab yang dapat menjadikan tidur Anda menyadi tidak nyenyak. Ada yang disebabkan karena minum kopi, memikirkan hal-hal yang berbau horror, dan masih banyak lagi. Aktivitas yang Anda lakukan tersebut dapat menyebabkan Anda mengalami susah tidur. Apabila Anda mengalami susah tidur dan tidur larut malam, dapat menyebabkan mengantuk, lelah keesokan harinya, meningkatkan berat badan, depresi dan juga diabetes.

Insomnia atau kurang tidur juga dapat menyebabkan anda kekurangan darah karena sirkulasi darah menjadi tidak teratur. Sehingga hal tersebut juga akan berpengaruh dengan kerja otak yang tidak bekerja secara efektif. Adanya gangguan pada kerja otak secara otomatis dapat berpengaruh pula pada kerja organ lainnya seperti pencernaan, pernafasan, dan juga hal lainnya.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk Mengatasi Susah Tidur:
  1. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi. alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga yang tentu saja tidak anda perlukan bila anda ingin tidur.
  2. Hilangkan kebiasaan kurang baik seperti sering menggunakan kamar tidur untuk kegiatan selain tidur. Biasakan untuk menggunakan kamar khusus untuk tempat istirahat dan tidur saja, bukan untuk bekerja.
  3. Pastikan terlebih dahulu tempat tidur yang Anda gunakan dapat membuat Anda merasa sangat nyaman. Tempat tidur Anda jangan terlalu sempit sehingga Anda sulit bergerak dengan bebas. Pertahankan suasana tenang dan nyaman di kamar tidur anda hingga bisa membuat kamar lebih hangat dan rileks untuk istirahat dan tidur.
  4. Jadwalkan waktu tidur Anda. Anda harus terlebih dahulu menetapkan waktu tidur dan bangun dengan tepat. Jadi jika anda tidur pada jam yang sudah Anda tentukan sebelumnya, Anda harus sudah tidur dalam waktu itu juga. Begitu juga dengan ketika Anda bangun, Anda juga harus menetapkan waktu bangun yang sudah Anda tentukan. Minimal Anda tidur 8 jam per hari. Lakukan cara ini setiap hari.
Demikian langkah-langkah yang perlu diperhatikan untuk mengatasi susah tidur yang Anda alami. Semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment