Penyebab Telinga Berdenging

Di dalam telinga terdapat ribuan sel auditori yang permukaannya dilapisi oleh rambut-rambut yang bergrak, sesuai tekanan dari gelombang suara. Gerakan itulah yang kemudian dikirim oleh sel-sel auditori ke otak yang kemudian diterjemahkan sebagai suara.

Namun, adakalanya suara yang diterima otak adalah suara denging yang bising. Menurut  dr. Nasir, gangguan ini sering disebut juga dengan tinnitus.  Penyebabnya adalah patahnya rambut  pada sel auditori  yang membuat gerakan rambut tak terarah.  Kerusakan rambut tersebut dipengaruhi banyak faktor ,  seperti usia, penggunaan obat, kafein, alkohol, cedera pada kepala, leher atau tulang-tulang dibagian tengah telinga yang kaku.

Selain rusaknya rambut, telinga berdenging bisa disebabkan oleh banyaknya cairan di telinga, infeksi dan berlubangnya gendang telinga. Namun bisa juga karena ada penyakit lain.

Denging telinga bisa disebabkan penyakit lain, seperti pengerasan pembuluh darah, tekanan darah tinggi atau rendah, diabetes, tumor, ataupun gangguan kelenjar tiroid,” ungkapnya.

Gangguan telinga ini umumnya tidak berbahaya. Meskipun demikian, tentu saja gangguan ini tidak boleh disepelekan agar tidak semakin parah. Anda bisa mencoba mengatasi sendiri, yaitu dengan memasang kipas angin atau musik lembut dalam ruangan yang sepi. Jika tidak hilang atau semakin parah, segera berkonsultasi pada dokter.


Sumber:sekar70/11

0 comments:

Post a Comment